Headlines

Nekat Hentikan Penggarapan Lahan, Ulah Kades Paberasan Bersama Warganya Disoal

Sumenep,Metroposnews.id -Penggarapan tanah kas desa (TKD) hasil tukar guling yang berlokasi di desa Paberasan terpaksa harus terhenti lantaran kedatangan Kades bersama sejumlah warga.

Di lokasi, tanah Kas Desa hasil tukar guling yang sedang digarap tiba tiba diakui sebagai tanah milik warga Paberasan pada hari Senin, 4 Desember 2023 kemarin.

Kades Paberasan, Rahman Saleh saat turlap ke lokasi hanya menunjukkan bukti later C.

Adanya fakta itu, Kuasa Hukum menilai Kades Paberasan provokasi warganya.

Bahkan Herman Wahyudi menyesalkan tindakan yang dilakukan Kades Paberasan, Rahman Saleh yang bukannya mengedukasi, malah terkesan memprovokasi masyarakatnya.

“Dan kepala desa membiarkan masyarakat melakukan pengrusakan di lahan milik Desa cabbiya yang sudah ditanami jagung,” sesal Herman Wahyudi, SH., Kuasa Hukum Desa Kolor dan Desa Cabbiya.

Menurut dia, alasan yang disampaikan Kades Paberasan menghentikan proses penggarapan karena memiliki data Leter C.

“Jadi seolah-olah menggiring opini, kalau bukti kepemilikan lahan itu cukup hanya dengan Leter C. Ini sangat disayangkan, apa lagi dilakukan oleh seorang Kades,” ujarnya.

Dalam rekaman video yang diterima redaksi, terlihat Kades Paberasan, Rahman Saleh memegang sebuah tas jinjing yang dikatakan adalah data milik desanya.

“Saya Kades Paberasan, membawa data Leter C bersama pemilik lahan. Jadi tolong yang mengaku memegang surat kuasa, bawa juga Sertifikatnya ke sini,” kata Rahman Saleh.

Sementara, saat dikonfirmasi alasan kedatangannya ke lahan tukar guling bersama Perangkat Desa dan masyarakatnya hingga menghentikan penggarapan, Kades malah balik bertanya.

“Iya kenapa? ,” ucapnya lantang .

Rahman Saleh meminta pewarta untuk datang ke balai desanya agar melihat yang sebenarnya.

“Anda ke Balai saja, saya tunggu. Biar saya tunjukkan dan bisa lihat langsung seperti apa sebenarnya,” tandas Kades Paberasan. Rahman Saleh.

Jurnalis : Sul

Editor : Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home