Headlines

Pastikan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Wilayah Polres Badung, Kapolda Bali Laksanakan Kunker di Mapolres Badung

Bali,Metroposnews.id – Dalam rangka memastikan kesiapan pengamanan Pemilu 2024, Kapolda Bali, Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) serta pimpin FGD (Focus Group Disscussion) di Mapolres Badung, Mangupura, Badung, Selasa, (21/11/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Karo Ops Polda Bali Kombes. Pol. Soelistjono, S.I.K., M.H., Karo Rena Polda Bali Kombes. Pol. Daniel Widya Mucharam, S.I.K., M.P.A., Dir Reskrimsus Polda Bali Kombes. Pol. Roy Hutton Marulamrata Sihombing, S.I.K., Dir Lantas Polda Bali Kombes. Pol. Rumino Ardano, S.I.K., Kabid Propam Polda Bali Kombes. Pol. I Ketut Agus Kusmayadi, S.I.K., S.H., Dansat Brimob Polda Bali Kombes. Pol. Firdaus Wulanto, S.I.K.

Tiba di Mapolres Badung, Kapolda Bali langsung disambut oleh Kapolres Badung AKBP. Teguh Priyo Wasono, S.I.K., beserta Wakapolres Badung Kompol. Decky Hendra Wijaya, S.E., S.I.K., M.M., beserta seluruh pejabat Polres Badung bersama Forkompimda Kabupaten Badung.

Sesuai dengan agenda dalam kunker tersebut, Kapolda Bali mengikuti kegiatan dalam Focus Group Disscussion (FGD) untuk membahas sejauh mana kesiapan Polres Badung bersama instansi terkait mengamankan jalannya pesta demokrasi yang akan digelar pada 14 Pebruari 2024 mendatang.

Kegiatan FGD yang juga diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Badung tersebut diawali dengan paparan situasi Kamtibmas oleh Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono tentang potensi kerawanan di wilayah Kabupaten Badung saat Pemilu 2024. Dalam paparan tersebut dijelaskan secara rinci apa saja potensi kerawanan yang akan terjadi mulai dari tahap Pendaftaran/Penetapan Legislatif dan Capres/Cawapres, tahap kampanye, tahap masa tenang, tahap pemungutan suara, tahap rekapitulasi suara hingga tahap pelantikan anggota legislatif, Presiden dan Wakil Presiden.

_”Secara umum, Polres Badung siap melaksanan pengamanan Pemilu 2024 bersinergi dengan TNI, Pemerintah Daerah dan stake holder lainnya, sebagai langkah yang tepat untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai, berintegritas dan terlaksana sesuai amanat Undang-Undang,”_ tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Bali, Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si. mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Polres Badung atas dedikasi dan loyalitasnya dalam melaksanakan tugas Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024.

_”Saya ucapkan terima kasih juga kepada Bupati Badung atau yang mewakilinya beserta jajaran serta tokoh-tokoh masyarakat seluruh Kabupaten Badung atas dukungan dan partisipasinya untuk menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Badung sehingga tetap aman dan kondusif,”_ ucapnya.

Jenderal alumni Akpol 1991 tersebut juga menekankan agar meningkatkan kegiatan preemtif dan preventif baik yang dilakukan oleh jajaran Intelijen, Samapta, maupun Binmas tetap melaksanakan monitoring terhadap potensi kerawanan maupun dinamika situasi di lapangan, Jalin kerjasama dan berdayakan unsur keamanan lokal SiPandu Beradat dan Bankamda untuk memelihara Kamtibmas di wilayah masing-masing tetap kondusif.

_”Segera tindaklanjuti permasalahan sekecil apapun di masyarakat terkait dengan pelaksanaan Pemilu, cooling sistem harus tetap kita laksanakan untuk mencegah terjadinya Polarisasi yang dapat memecah belah masyarakat.”_ tekan Kapolda Bali.

Kapolda Bali meminta kepada personel Polri agar tetap menjaga komitmen netralitas dalam pelaksanaan tugas jangan terlibat dalam kegiatan politik yang dapat menurunkan kredibilitas dan Citra Polri. _”Tingkatkan koordinasi dan sinergitas dengan TNI, Pemda, KPU, Bawaslu, dan instansi terkait lainnya untuk bersama-sama mensukseskan pemilu tahun 2024.”_ pungkas Jenderal bintang dua tersebut.

Diakhir kegiatan Kapolda Bali secara simbolis juga menyerahkan bibit pohon kepada Kapolres Badung dan Dandim 1611 Badung yang diwakili oleh Danramil 1611-04/Mengwi.

 

Jurnalis : Tim

Editor : Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home